Alasan Menggunakan Editor Visual Studio Code



Saat ini banyak orang yang menggunakan text editor ini, di postingan ini saya akan sedikit membahas mengenai editor yang satu ini, apa kelebihannya, serta fitur yang ditawarkan Visual Studio Code Editor.

Visual Studio Code atau biasa disebut VS Code merupakan text editor buatan Microsoft yang bersifat open source. Banyak programmer saat ini bermigrasi baik dari Sublime Text atau Atom beralih menggunakan editor ini.


Kenapa orang menggunakan VS Code? berikut beberapa alasannya:

1. VS Code Gratis

Berbeda dengan Sublime Text yang sebenarnya berbayar walaupun bisa digunakan secara gratis, VS Code dapat digunakan secara gratis seperti atom. Kita bisa download secara gratis melalui website code.visualstudio.com

2. Terintegrasi dengan Emmet

Emmet adalah plugin untuk memudahkan kita dalam membuat markup html, di VS Code secara default sudah terpasang emmet tanpa melakukan instalasi lagi. Untuk cara penggunaan emmet silahkan lihat dokumentasinya.



3. Terintegrasi dengan Git

Sama halnya dengan Atom, secara default VS Code sudah terintegrasi dengan Git, dan icon "branch" berada disidebar sebelah kiri.

VS Code akan mencatat semua perubahan yang kita lakukan jika project kita menggunakan git.

4. Sudah ada terminalnya

Ini yang saya suka dari VS Code, secara default terminal atau prompt sudah ada didalam VS Code, berbeda dengan Atom yang harus di install extensionnya lagi. Terminal ini sangat berguna jika koding yang kita lakukan membutuhkan aksi terminal untuk di eksekusi. Untuk mengakses terminal cukup buka di menu Terminal -> New Terminal



5. Fitur Autocomplete

Ini adalah fitur yang sangat berguna buat pemula, karena fitur ini dapat mengenerate secara otomatis kode yang akan ditulis.


6. Syntax Lightweight

Fitur ini memudahkan kita dalam menulis kode karena dilengkapi dengan text colloring, yang memudahkan kita dalam menulis kode dan menghindari kesalahan dalam menulis kode dengan warna text yang lucu-lucu.



7. Cross Platform

VS Code bisa berjalan lintas sistem operasi, baik Windows, Linux, maupun OSX.



8. Extensions yang banyak

VS Code memiliki banyak extension, sehingga kita dapat menambahkan fitur tambahan dari VS Code yang ada dalam repository mereka. Kita dapat mengakses extension melalui sidebar sebelah kiri.




Penutup

Sepertinya para pengembang VS Code tau betul apa yang sedang diinginkan orang-orang ketika menggunakan text editor, misalnya orang tidak perlu repot-repot mengistall ekstension tambahan untuk memunculkan terminal karena sudah disediakan secara default oleh Text Editor ini tanpa melakukan instalasi tambahan. Dari segi tampilan user interface juga sudah sangat unyu-unyu keren powerfull, kekurangan dibanding dengan sublime text adalah dari segi kecepatan, jadi ini bisa jadi pertimbangan kalian menggunakan VS Code kalau kemampuan spek komputer kalian agak rendah.

Posting Komentar

0 Komentar